Senin, 15 Juli 2013

Review Film Dilema (by Aditya Putra)

Leave a Comment

Dilema Penggugah Hati
Oleh Aditya Putra Pamungkas



Tayangan film Dilema yang juga ikut dalam festival film Asia Tenggara merupakan sebuah film pintar yang menceritakan lima buah persoalan tentang suatu realita yang aktual pada kisah perjalanan hidup manusia masa kini. Mengangkat sebuah tema yang mendasar, yaitu kekuasaan. Adilla Dimitri dan Wulan Guritno sebagai produser sekaligus dua di antara empat sutradara yang menangani film ini terbilang cukup pintar dalam mengemas lima buah paket persoalan menjadi satu akar muara pada suatu tokoh dengan kekuasaannya. Di dalam lima persoalan tersebut, sebenarnya selalu berhubungan dengan kekuasaan Sony Wibisono (Roy Martin). Tetapi banyak makna yang tersirat akan hubungan persoalan - persoalan itu. Tema yang diangkat memang cocok untuk realita hidup manusia masa kini yang berputat pada jabatan dan kekuasaan.

Sebenarnya persoalan dalam film ini merujuk pada suatu kisah yang sama, yaitu tentang perang batin yang dasyat di antara tokoh – tokoh yang terlibat. Kisah pelik yang pertama diceritakan adalah tentang seorang yang sedang mengalami perang batin dengan perbuatan yang dilakukannya, yaitu menggunakan  image agama sebagai alat pemecah kekerabatan antar masyarakat. Ternyata ada konspirasi Sony Wibisono di balik persoalan ini namun tidak ‘dipesankan’ secara gamblang. Kemudian kisah kedua dan kisah – kisah selanjutnya juga masih tentang perang batin yang luar biasa, dan masih saja ada keterkaitan kekuasaan Sony Wibisono di dalamnya, walaupun tidak semuanya tersurat dalam cerita.

Tema menurut Holmon (1981:443) merupakan gagasan sentral yang mencakup permasalahan dalam cerita, yaitu suatu yang akan diungkapkan untuk memberikan arah dan tujuan cerita karya sastra.Tema merupakan akar sentral dari semua kalimat – kalimat yang tertuang dalam suatu karya sastra. Tentu hidup juga mempunyai berbagai kisah dalam perjalanan hidup masing – masing. Berbagai kejadian yang dialami juga mempunyai suatu tema. Tanpa disadari dalam suatu kisah hidup, semua manusia akan menemukan suatu akar yang mendasari kisah tersebut.

Hidup adalah sebuah perjalanan yang panjang dan penuh dengan frekuensi pilihan jalan. Sebuah pilihan akan menentukan ke mana arah hidup seseorang. Pilihan yang luar biasa memang yang diharapkan hadir dan menemani dalam kisah hidup seseorang. Tetapi saat dihadapkan dengan suatu pilihan yang sangat menggoncang batin tentu seseorang akan berpikir keras agar pilihan itu sesuai yang diharapkan, tetapi kalau pilihan itu salah? Itu menjadi sebuah dilema tersendiri.Ya...dilema dalam menentukan sebuah keputusan.






0 komentar:

Posting Komentar